Sunrise Bromo Pasuruan

Tour Ke Bromo Lewat Pasuruan

Ke Bromo lewat Pasuruan merupakan alternatif pilihan backpacker yang bisa pilih selain lewat Malang dan Probolinggo. Dari Pasuruan ke Bromo sudah sering sekali dicoba bagi para wisatawan dalam dan luar Jawa Timur untuk melakukan trip ke Bromo.

Aneka jenis komoditas produksi para petani dari kaki Gunung Bromo tersebut bisa dibeli dengan cara borongan. Namun, jika ingin sekadar untuk mencicipi juga ada yang dijual secara perorangan/eceran.

Sesampai di wilayah Puspo wisatawan akan melihat kehidupan pedesanan yang unik. Di tanah hutan Puspo wisatawan akan berpasasan dengan para warga yang meluncur pulang dari hutan dengan membawa rumput, kayu maupun, hasil hutan lainnya dengan menggunakan geledekan.

Memasuki wilayah Tosari, wisatawan akan disuguhi hutan yang masih berselimut kabut. Vegetasi hutan di wilayah Tosari relatif masih rapat, meski setiap tahunnya cenderung terus berkurang, seiring pemanfaatan untuk lahan pertanian.

Bromo dari Pasuruan

Di wilayah Tosari, wisatawan selain dapat menyaksikan ladang sayuran yang merupakan produk utama warga setempat, juga bisa disaksikan ladang gandum, yang merupakan lahan percontohan pengembangan budi daya gandum di Indonesia.

Pasuruan ke Bromo berapa jam ?

Ke Bromo dari Pasuruan, wisatawan akan menikmati panorama alam pedesaan yang unik, dan menarik. Anda hanya memerlukan perjalanan selama kurang lebih 1 jam untuk menuju Desa Tosari di Lereng Gunung Bromo.

Jarak antara Pasrepan hingga pendapa Desa Wonokitri kurang lebih 17 km. Sebagian besar pengunjung yang hendak ke Bromo, rata-rata berangkat di malam hari. Mereka memilih tiba di Wonokitri tengah malam, sehingga dapat langsung beranjak melihat sunrise.

Pilihan berangkat malam karena berkaitan mungkin saja dengan penghematan biaya, atau memang paket yang ditawarkan oleh biro perjalanan seperti itu. Memang lebih praktis termasuk bagi yang naik kendaraan pribadi (mobil atau motor). Jadi, bagaimana, apakah rute ini masih jadi pilihan?

Jalur ke Bromo dari Pasuruan

Sunrise Bromo Pasuruan

Ringkasan rute ke Bromo lewat Pasrepan (54 km) : Pasuruan – Warungdowo – Ranggeh – Pasrepan – Puspo – Tosari – Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS/Wisata Bromo).

Kalau kamu dari Surabaya, bisa dengan kendaraan umum. Pilihannya kereta api atau bus. Untuk kendaraan pribadi, bisa memilih lewat Pasuruan atau ke Purwosari.

Begitu tiba di pertigaan Pasar Purwosari, ambil ke kiri, ke arah Agrowisata Bhakti Alam. Lurus saja ke selatan, ikuti jalan itu hingga bertemu sebuah perempatan. Kalau ke kiri ke Pasuruan kalau ke kanan, Jl Warungdowo, yang landai tapi mulai menanjak. Mulailah lewat permukiman penduduk sebelum berkelok-kelok di jalur sepi, dengan dan kiri jurang.

Sedangkan kalau dari Surabaya menuju Bangil, Pasuruan Kota, terus ke arah selatan hingga perempatan Warungdowo. Ambil kiri menuju pertigaan Ranggeh (Gondang Wetan yang penghasil salak kersikan) lalu belok kanan menuju Pasrepan (penghasil durian, mangga, petai). Dari Pasrepan kondisi jalan naik dan berkelok menuju Puspo (penghasil susu sapi) selanjutnya masuk wilayah Tosari.

Transportasi dari Pasuruan ke Bromo

Dari dua akses jalan menuju Gunung Bromo tersebut, wistawan baru bisa menggunakan mobil pribadi atau travel untu menyewa paket wisata, karena belum tersedia kendaraan umum. Namun sesampainya di Tosari wisatawan yang akan meneruskan ke Gunung Bromo harus ganti mobil wisata setempat, yakni sebuah jip khusus angkutan wisata.

 

Kewajiban untuk menggunakan Jeep atau Hardtop wisata yang semata demi kenyamanan dan keamanan untuk wisatawan yang berkunjung, Mobil pribadi dapat di tinggal / parkir di halaman Pendapa Agung Wonokitri yang merupakan tempat dan lokasi parkir paling akhir atau juga bisa ditinggalkan di tempat penginapan / hotel setempat.

Biaya sewa mobil jip khusus wisata ulang alik Tosari yang harus dikeluarkan sebesat sebesar Rp350 ribu, dengan obyek wisata Puncak Penanjakan dan Puncak Gunung Bromo saja.

Puncak Gunung Penanjakan 1 Merupakan Jalan Menuju Bromo untuk objek pertama di gunung bromo yang harus dikunjungi dan hanya bisa dikunjungi lewat pasuruan, Pananjakan sendiri letaknya di Kabupaten Pasuruan. Dari titik puncak ini wisatawan / pengunjung dapat melihat indahnya mentarai saat pertama kali keluar dari ufuk timur yang menambah eksotiknya gunung bromo serta lanscape Gunung Bromo yang mempesona dari berbagai penjuru mata dunia.

Travel dari pasuruan ke bromo

Untuk info travel dari Pasuruan ke Bromo bisa langsung menghubungi kami,

Tour Ke Bromo Lewat Pasuruan
Rate this post

0 comments on “Tour Ke Bromo Lewat PasuruanAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *